SITUS jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook, dijadwalkan akan menyerahkan dokumen terkait rencana penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) awal pekan depan.

Valuasi saham perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg diperkirakan bisa menembus US$100 miliar. Facebook akan mengumumkan laporan keuangannya pada April mendatang karena perseroan memiliki lebih dari 500 investor.

Seperti diberitakan Telegraph, IPO ini dipastikan akan semakin mendongkrak nilai kekayaan Zuckerberg. Kabar yang beredar, kelompok investor lebih tertarik mencatatkan saham Facebook di bursa saham New York ketimbang Nasdaq. 

Morgan Stanley, lembaga investasi asal Amerika Serikat, berhasrat menjadi penjamin emisi utama (lead underwriter) dalam IPO Facebook.

The Wall Street Journal menyebut, Goldman Sachs, yang ikut mendongkrak keuangan Facebook hingga US$1,5 miliar pada 2010 silam, juga berkeinginan menjadi underwriter dalam IPO Facebook.

Perusahaan konsultan PrivCo memperkirakan bahwa harga saham perdana Facebook di rentang US$38 hingga US$40 per lembar saham.

BACA JUGA: