Jakarta - Ketua DPR RI Marzuki Alie menyatakan, LSM seperti Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) dan Indonesia Corruption Watch (ICW) hanya bertanggung jawab kepada yang membayar.

"Jangan sok berjuang untuk rakyat, darimana duit mereka? Apa yang saya kerjakan, saya pertanggungjawabkan untuk rakyat. Kalau mereka (LSM) itu kepada siapa bertanggungjawabnya? Mereka bertanggung jawab kepada orang yang memberi dana dan pemberi dana mereka jelas bukan rakyat," kata Marzuki Alie di Jakarta, Minggu (2/10).

Marzuki menambahkan, LSM tersebut asal bunyi dan tidak tahu duduk persoalan terkait permintaan agar KPK mempertimbangkan untuk memeriksa pimpinan Banggar secara bersamaan karena pimpinan Banggar sangat diperlukan untuk membahas RAPBN 2012 sehingga pembahasan itu tepat waktu dan tidak melanggar UU.

"Apa kapasitas dan kompetensi mereka sehingga mereka bisa mencap saya sebagai pelindung koruptor? Apa indikator yang mereka gunakan sehingga bisa memberikan cap itu pada saya sementara mereka sendiri tidak paham peraturan yang ada dan asal bunyi," ungkap mantan Sekjen Partai Demokrat itu.

BACA JUGA: