JAKARTA, GRESNEWS.COM - Mantan Gubernur DKI Jakarta, mengaku siap jika dicalonkan oleh partainya, PDIP, untuk maju di ajang Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018. "Sebagai kader, kalau sifatnya penugasan ideologis untuk memajukan daerah, membangun sistem pemerintahan yang bersih, dan mewujudkan keadilan sosial, pasti siap," ujar Djarot, Sabtu (23/12).

Djarot membenarkan bahwa namanya masuk pertimbangan PDIP di Pilgub Sumut. Saat ini PDIP tengah mengkaji figur yang akan diusung. "Benar, aspirasi dari kader dan warga di Sumut disampaikan ke DPP. Saat ini lagi dikaji dan diperdalam," ucap Djarot.

Sebelumnya, PDIP menjaring figur dari kalangan internal dan eksternal partai maju ke Pilgub Sumut. Untuk kalangan internal, Djarot menjadi salah satu nama yang diajukan ke DPP PDIP.

Sekretaris DPD PDIP Sumut Soetarto mengatakan nama Djarot muncul berdasarkan aspirasi dari masyarakat Sumut. "Saat ini masuk juga dalam radar DPD partai nama mantan Gubernur DKI Pak Djarot Saiful, masuk radar dalam beberapa hari, itu masuk radar dan pengkajian di DPP," kata Soetarto, Sabtu (23/12).

Soetarto menjelaskan nama-nama kader internal PDIP, termasuk Djarot, tengah dikaji oleh DPP PDIP untuk maju ke Pilgub Sumut. Ia menilai Djarot sudah memiliki pengalaman dalam memimpin daerah.

"Pak Djarot kan sudah pernah menjadi Wali Kota Blitar dua kali, terus pernah menjadi gubernur. Tentu ini menjadi pertimbangan dan berdasarkan aspirasi dari masyarakat," tuturnya.

DPD PDIP Sumut masih menunggu hasil kajian dari PDIP. Soetarto menuturkan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan setelah hasil pengkajian keluar. "Saat ini masih dalam tahap pengkajian oleh DPP. Nanti setelah itu akan diumumkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan Pak Hasto," ucap Soetarto. (dtc/mag)

BACA JUGA: