JAKARTA, GRESNEWS.COM - Partai Gerindra akhirnya resmi mengumumkan nama-nama pengurus baru pasca-Kongres Luar Biasa yang menetapkan kembali Prabowo Subianto sebagai ketua umum merangkap ketua dewan pembina. Pengumuman tersebut dilaksanakan Rabu (8/4) di kantor DPP Gerindra, Jl RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan.

Ada yang menarik dari susunan kepengurusan Gerindra teranyar ini. Partai besutan Prabowo itu ternyata kedatangan nama baru yang sebelumnya sudah cukup beken di dunia politik Indonesia. Nama pertama adalah Sandiaga Uno yang didapuk menjadi anggota dewan pembina Gerindra.

Pengusaha Grup Saratoga berusia (45) tahun ini akhirnya terjun juga ke dunia politik setelah selama ini lebih bersinar di dunia bisnis. Pria kelahiran 28 Juni 1969 itu mengaku melakukan perenungan yang dalam sebelum akhirnya bergabung dengan Gerindra. Dia mengaku sudah melakukan perenungan sejak tahun 2012.

Bahkan beberapa kali mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini berbicara hati ke hati dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. "Saya sebetulnya komtemplasinya cukup dalam, bicara hati ke hati dengan Mas Prabowo. Untuk mewujudkan Indonesia yang kuat, (saya) diajak partisipasi anak muda dan pegiat kewirausahaan," kata Sandi.

Setelah melakukan perenungan, dan konsultasi dengan keluarga putra kedua pasangan Henk Uno dan Mien Uno itu pun mau bergabung dengan Gerindra. Menurut Sandi untuk menciptakan sebuah kebijakan yang kondusif sebagai landasan membantu perekonomian bangsa memang jalur politik lebih strategis.

"Sehingga sekalian untuk belajar, saya sanggup (gabung Gerindra)," kata pria yang gemar berolahraga basket itu.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyatakan masuknya Sandiaga akan menjadi tambahan energi untuk partai berlambang burung garuda itu. "Saudara Sandiago Uno juga merupakan suatu tambahan, kalau di ilmu tentara itu roket ada isian tambahan, beliau ini. Karena generasi penerus, karena kita akan dengar banyak kiprah seorang Sandiago Uno," kata Prabowo dalam pidato pelantikan pengurus harian Partai Gerindra di kantor DPP, Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan, Rabu (8/4).

Nama lainnya adalah Fuad Bawazier yang juga masuk sebagai anggota Dewan Pembina Gerindra. Sebelum bergabung ke partai berlambang kepala burung Garuda itu, Fuad ikut mendirikan Hanura dan PAN. "Pak Fuad Bawazier resmi bergabung dengan Gerindra. Mohon izin pak Amien Rais," kata Prabowo.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menjelaskan Prabowo langsung yang meminta Fuad bergabung ke Gerindra. Prabowo meminta Fuad tak hanya mendukungnya di pilpres, tapi juga membantu mengurus partai besutannya.

"Sama Pak Fuad, sejak pilpres komit ke Prabowo. Pak Prabowo minta agar Pak Fuad bisa mencurahkan waktu dan tenaga untuk bisa bantu Gerindra di susunan dewan pembina," ujar Muzani usai pidato Prabowo.

Dan yang ketiga yang tak kalah mengejutkan adalah masuknya adik Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri. Rachma ternyata telah loncat dari NasDem ke Gerindra dan diberi posisi strategis sebagai Wakil Ketua Umum.

"Menetapkan Nyonya Rachmawati Soekarnoputri sebagai wakil ketua umum bidang ideologi," kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Kader Gerindra menyambut pengumuman itu dengan tepuk tangan meriah. Selain nama-nama di atas ada juga nama baru dari kalangan militer yaitu Jenderal (purn) Djoko Santoso yang didapuk sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra. Djoko Santoso sepanjang pilpres 2014 lalu memang cukup loyal mendukung pencalonan Prabowo Subianto.

Dalam sambutannya usai melantik para pengurus Gerindra, Prabowo menekankan bahwa Koalisi Merah Putih harus tetap solid. "Kalau KMP dicubit, semua Gerindra kena. Nggak usah takut, yang kita takuti hanya Yang Maha Besar," ucap Prabowo berapi-api mengingatkan para kadernya.

Usai menyampaikan pidatonya, Prabowo turun panggung untuk bersalaman dengan para tokoh KMP, antara lain Aburizal Bakrie, Ketum PPP Djan Faridz, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Presiden PKS Anis Matta, dan Ketum PBB MS Kaban.

Tiba-tiba Prabowo kembali naik ke atas panggung. Ia lupa membuka acara Rapimnas yang digelar bersamaan dengan pelantikan pengurus Gerindra. "Dengan ini saya nyatakan Rapimnas Partai Gerindra resmi dibuka," kata Prabowo lalu memukul gong sebagai tanda dibukanya Rapimnas. (dtc)

BACA JUGA: