JAKARTA, GRESNEWS.COM - Pasangan duet Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu kemungkinan besar akan kehilangan dukungan dari Koalisi Prabowo, Partai Gerindra, PKS dan PAN, yang sebelumnya memberi dukungan terhadap pasangan ini. Perubahan konstalasi ini menyusul ketertarikan koalisi ini untuk mendukung Sudrajat di Pilgub Jabar.

Nama Mayjen (Purn) Sudrajat tergolong muncul belakangan dalam bursa nama calon gubernur Jabar. Gerindra lebih dulu menyatakan dukungannya pada Sudrajat.Belakangan Gerindra meminta dukungan dua partai koleganya PAN dan PKS untuk sama-sam mendukung Sudrajat.

Sinyalemen itu disampaikan Sekjen PAN Eddy Soeparno di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (24/12).

"Tadi saya dengarkan Pak Sohibul bahwa teman juga sudah dengar bahwa PKS akan menyampaikan hari Rabu nanti kita akan menyampaikan internal mudah-mudahan PAN juga akan menyampaikan dalam waktu dekat," ujar Eddy.

Penyampaian kepututusan itu rencananya akan disampaikan tiga partai PKS, PAN dan Gerindra secara bersama-sama di Jabar.

PAN menyatakan membuka diri mengusung untuk Sudrajat di Pilgub Jabar, mengikuti langkah Gerindra. PAN kini mencoba menjalin komunikasi dengan Gerindra dan PKS.

"Ini ada dinamis, ada komunikasi terbaru dengan Gerindra, yaitu dengan munculnya Pak Sudrajat, Jenderal Sudrajat. Ada komunikasi yang dibangun antara PAN, PKS, dan Gerindra. Sedang dimatangkan," tutur Ketua DPP PAN Yandri Susanto di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/12).

Prabowo Subianto sebelumnya secara resmi mengusung Sudrajat di Pilgub Jawa Barat. Prabowo mengaku merayu PAN dan PKS agar dua partai ini mengikuti jejak partainya. Gerindra menamakan koalisi dengan PKS dan PAN, andai jadi terbentuk, dengan sebutan ´Koalisi Reuni´. (dtc/rm)

BACA JUGA: