Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon mengatakan Gerindra akan berupaya memenangkan pilkada di wilayah Jawa. Setelah DKI berhasil direbut, pihaknya akan berupaya memenangkan Pilkada di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jawa Tengah akan menggelar pilkada pada 2018 mendatang.

Pemenangan Pilkada di Pulau Jawa  itu dalam rangka untuk mensukseskan pencalonan Prabowo Subianto menjadi Presiden pada 2019 mendatang.

Menurut Fadli saat ini kader dan  pengurus Gerindra dari tingkat DPC sampai DPD menghendaki Prabowo Subianto maju di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

"Semangatnya dari bawah seluruh Indonesia, kader, pengurus dari DPC, DPD Pak Prabowo harus maju lagi (Capres 2019)," katanya, Selasa (2/5).

Adanya aspirasi itu, Fadli mengatakan sudah selayaknya semua sumber daya Gerindra akan diarahkan untuk mendukung Prabowo menjadi Capres 2019. Untuk pencalonan itu, Gerindra bertekad memenangkan Pilkada di wilayah Jawa.

Sebagai test case, selain DKI Jakarta Gerinda akan berjuang mati matian untuk memenangkan pilkada di Jawa Barat. Soal calon, Fadli mengaku saat ini Gerindra bersama PKS masih mencari calon yang memiliki elektabilitas kuat untuk menyaingi calon yang ada.

"Tapi saat ini, Gerindra belum memutuskan bakal calon yang akan diusung," tuturnya.

Namun Anggota Dewan Penasihat DPD Partai Gerindra Jawa Barat Radar Tri Baskoro memastikan,  di Jawa Barat Gerindra tidak akan mendukung Ridwan Kamil. Alasannya Ridwal Kamil telah didukung oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Sementara NasDem telah mendeklarasikan diri untuk mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

"Saya kira Pak Ridwan Kamil sudah di luar radar. Karena beliau menerima dukungan Nasdem, yang mendukung Jokowi di 2019, itu sudah tertutup buat beliau (Ridwan Kamil)," kata Tri. (dtc/rm)

BACA JUGA: