Pekerjaan konstruksi ‎Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Jakarta-Depok sudah mulai dilakukan, ditargetkan Juli 2016 sudah tuntas untuk seksi I sepanjang 12 Km. Pekerjaan konstruksi fisik berupa perataan tanah hingga pengecoran tiang-tiang pancang sudah terlihat nyata di lapangan.

Redaksi mencoba menelusuri sejumlah kawasan tempat lokasi berdirinya jalan tol total sepanjang 22 km yang menghubungkan Tol Lingkar Luar Selatan (JORR) di Jalan Antasari Jakarta Selatan dengan kawasan Depok, Jawa Barat. Terlihat pembangunan sudah mulai ada aktivitas.

Pembangunan konstruksi terlihat di Jalan Bangau Raya, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah alat berat sedang beroperasi dari mulai mesin perataan tanah hingga pengecoran tiang-tiang pancang yang bakal menjadi penopang utama jalan tol ini yang dibuat layang (elevated). Meski proses pembangunan sudah berjalan namun proses pembebasan lahan belum sepenuhnya tuntas.

Di beberapa titik, masih ada bangunan atau sekadar pekarangan yang dikelilingi pagar masih tampak menjorok ke bagian bakal lokasi pembangunan. Padahal, bangunan di sekelilingnya tampak sudah rata dengan tanah, tanda sudah dibebaskan.

Rencananya ada sekitar 520 girder yang akan dipasang di atas 45 tiang pancang atau pier di ruas Tol Desari yang melayang, mulai dari Jalan Bango, Cilandak, sampai ke Andara, Cinere, Depok, hingga ke Brigif, Ciganjur. 

Pembangunan terbagi menjadi 2 seksi. Seksi I memiliki panjang 12 km dan membentang dari mulai Jalan Pangeran Antasari hingga Jalan Sawangan, Depok. Seksi II memiliki panjang 9,5 km yang membentang dari Jalan Sawangan hingga Jalan Bojonggede, Kabupaten Bogor yang baru akan dikerjakan 10 tahun mendatang.

Adapun proyek seksi I sepanjang 12 Km dibagi menjadi dua paket pembangunan, yakni paket Jalan Pangeran Antasari hingga Jalan Brigif sepanjang 5,8 km dan Jalan Brigif hingga Jalan Sawangan sepanjang 6,2 km. (Edy Susanto)

BACA JUGA: