Ada banyak cara yang dilakukan masyarakat  untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-70. Semua bergembira, meneriakkan kata "merdeka!", tak kecuali bagi para penyandang tuna netra.

Mereka tidak mau kalah untuk ikut merasakan kegembiraan. Sena, bersama beberapa orang teman sesama tunanetra yang tergabung di Yayasan Raudlatul Makfufin, sebuah yayasan tuna netra di kawasan Kampung Jati, Buaran, Serpong, Tanggerang.

Meski terbatas dalam penglihatan, para penyandang tuna netra ini tetap semangat dan bergembira mengikuti berbagai perlombaan seperti memecahkan plastik yang berisi air, makan kerupuk atau lomba menyuapi teman sesama tunanetra semangkok bubur yang tentunya sangat sulit untuk mereka lakukan.

Gelak tawa pecah saat mereka memulai perlombaan karena polah mereka memancing gembira. Meski indera melihat tidak sempurna, mereka begitu menikmati hari perayaan kemerdekaan mereka tetap bangga menjadi Indonesia meski keberadaan mereka belum sepenuhnya mendapat perhatian dari pemerintah. (Edy Susanto/Gresnews.com)

BACA JUGA: