JAKARTA, GRESNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri bersama Kedutaan Besar Filipina di Jakarta kembali merayakan ulang tahun ke-65 hubungan diplomatik antara Indonesia dan Filipina. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku antusias menyambut peringatan hubungan bilateral kedua negara yang sudah enam puluh lima tahun terjalin secara harmonis.

Dalam rangka mempererat harmonisasi bilateral, Duta Besar Filipina untuk Indonesia Rosario Aguinaldo menyatakan kedepannya, kedua negara sepakat menjalin kerjasama dibidang investasi khususnya bidang eksplorasi peluang bisnis dan memperluas kemitraan kedua negara.

Retno mengatakan, niat pemerintah Filipina tentu harus diapresiasi dan direspon positif oleh pemerintah Indonesia. Retno menambahkan, kerjasama ini cukup strategis karena sejalan dengan misi Presiden Jokowi terkait ekspansi bisnis dan daya saing nilai investasi.

Selain itu, dalam rangka memeriahkan perayaan HUT diplomatik, sebagai tuan rumah, Indonesia telah menyusun beberapa agenda diantaranya, menyelenggarakan pameran foto bertajuk "Mabuhay! Merdeka!: Snapshots of 65 Years of Philippines-Indonesia Friendship" tanggal  22-31 Desember 2014 di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jalan Imam Bonjol No 1, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam pameran tersebut, rencananya akan ditampilkan berbagai foto dan sejumlah peristiwa penting dalam sejarah hubungan diplomatik kedua negara termasuk komunikasi bilateral antara pemimpin negara, even pertukaran budaya, dan bantuan kemanusiaan.

Pihak Kemenlu menjelaskan bahwa pameran foto ini merupakan seremonial puncak dari serangkaian acara perayaan 65 tahun perjalanan diplomatik Indonesia dan Filipina. Kedua negera ASEAN ini, secara resmi telah menjalin hubungan diplomatik sejak 24 November 1949 yang ditandai dengan pembukaan kantor Konsulat Filipina di Jakarta.

BACA JUGA: