TABLOIDWI - Satu lagi produksi dalam negeri yang telah menjelajah mancanegara, The Executive, merek terkenal di industri fashion ini didirikan pada tahun 1979 oleh Johanes Farial, PT Delami Garment Industries, yang juga memproduksi celana panjang pria dalam merek Wood and John Far.

Pada 1984 ada pengambilalihan merek Executive 99 oleh perusahaan. PT Delami pun menjadi salah satu produsen garmen terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini lalu mulai mengekspor produk buatan mereka ke pasar Amerika Serikat pada 1987. Tak hanya itu, perusahaan ini juga menjadi pemasok merek pakaian untuk golf yakni La Mode, Aureus, dan PGA Tour.

Tak berselang lama, perusahaan ini kemudian merambah pasar Eropa dan menjadi produsen untuk merek terkenal seperti Eddie Bauer, Nike, Merah dan Hijau, The Northface, dan Marks & Spencer.

Perusahaan ini juga mulai memproduksi pakaian pakaian perempuan untuk pasar Jepang. Pada 1994, PT Delami mendapatkan lisensi untuk produksi, pemasaran, dan distribusi Jeans Wrangler untuk pasar Indonesia. Posisi perusahaan dan kehadiran di pasar domestik diperkuat oleh pengenalan koleksi wanita di bawah merek Executive 99 yang kemudian berubah menjadi dikenal sebagai The Executive.

Pengakuan bergengsi standarisasi mutu internasional ISO 9001 pun didapat oleh perusahaan ini pada 2000 dan pada tahun yang sama pula perusahaan ini menjadi pemegang lisensi Wrangler Jeans untuk Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam. Tidak hanya itu, merek terkenal Billabong, Tira Jeans, Lee, dan sebagainya juga berada di bawah naungan PT Delami Garment Industries.

Awalnya The Executive hanya memproduksi pakaian lelaki. Namun pada 1997, ia mulai memproduksi pakaian perempuan. Selain di Indonesia, saat ini The Executive for Women telah memiliki tiga buah outlet independen di Malaysia.

Perusahaan ini memang belum mengekspor produk-produk mereka melainkan mereka menangani langsung penjualannya seperti membuka outlet independen dan menempatkan produk mereka di dalam department store terkemuka di dalam dan luar negeri.

"Dulu ketika pertama launching memang sebagai pakaian konvensional karir, sekarang seiring perkembangan zaman desainnya bermetamorfosis lebih ke life style," jelas Rita selaku brand manager.

Beberapa tips hukum mengenai merek dapat pembaca buka tautan berikut: Tentang pendaftaran merek, Jika Merek Dipakai Orang Lain, Merek yang Tidak Bisa Didaftarkan dan Ditolak.

BACA JUGA: