Jakarta - Bank Dunia menilai upaya meningkatkan pemahaman kesetaraan gender tak melulu melalui perubahan kebijakan. Kesetaraan gender bisa digenjot melalui berbagai sektor, misalnya, melalui lembaga formal, lembaga informal, mekanisme pasar dan di internal rumah tangga.
 
"Di Bangladesh, perempuan mengubah kebiasaan memakai pakaian adat ketika mereka bisa bekerja di sektor formal. Ini karena perubahan akses terhadap pekerjaan lain," kata Koordinator Gender Tingkat Regional Asia Timur dan Pasifik, Bank Dunia, Andrew D Mason, saat memaparkan presentasinya di Jakarta, Selasa (20/12).

Andrew menambahkan, kesetaraan gender juga bisa ditingkatkan melalui peningkatan layanan kesehatan terhadap ibu, meningkatkan layanan infrastruktur seperti air, listrik, transportasi, dan teknologi. "Bisa juga melalui peningkatan akses terhadap tanah dan kredit," kata Adrew.

Di tingkat regulasi, pemerintah dan DPR bisa melakukan perubahan hukum terhadap hak kepemilikan perempuan.
 
Bank Dunia juga melihat reformasi gender bisa dilakukan melalui sektor swasta dengan memberlakukan kesempatan yang setara antara laki-laki dan perempuan. Baik melalui pekerjaan maupun fasilitas yang diterima.

BACA JUGA: