JAKARTA  - Direktorat Jenderal P2MKT Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerja sama dengan Fatayat NU menyukseskan program kewirausahaan bagi transmigran.
 
Kerja sama ini bertujuan untuk menumbuhkan perekonomian dan pembangunan ekonomi mandiri transmigran. Sehingga kemandirian transmigran bisa terwujud dan pertumbuhan ekonomi nasional dapat tercapai," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, dalam Talkshow dan Expo Kemandirian Wirausaha di Kawasan Transmigrasi di Thamrin City, Jakarta, Kamis, (13/12). "Hingga saat ini kita masih ditopang dengan produk pertanian dan olahan yang bersifat impor, dengan sumber daya alam Indonesia yang melimpah masih tidak dapat memenuhi kebutuhan dari masyarakat."

Dia menjelaskan, dengan pembangunan ekonomi mandiri mendorong transmigran terus kerja keras dan melakakan terobosan yang bersifat inovatif. Adapun pemerintah melakukan akselerasi pembangunan dengan berbagai program–program tepat guna.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU, Ida Fauziyah, menyatakan, akan mendukung penuh upaya Kemenakertrans untuk mengubah pola pikir para transmigran dari tipikal pekerja menjadi wirausaha.
 
"PP Fatayat NU bersama Kemenakertrans terutama Dirjen P2MKT telah melakukan pendampingan dan pelatihan terhadap warga transmigran. Dengan bersama-sama mengembangkan pertanian organik dan juga produk olahannya. Selain itu juga mengembangkan produk bio energi yang dianggap sangat bermanfaat bagi masyarakat transmigrasi," kata Ida



BACA JUGA: