Jakarta - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar berjanji akan melakukan re-focusing sistem penyelenggaraan transmigrasi yang mengacu pada upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan transmigrasi. Hal ini sejalan dengan tujuan transmigrasi yaitu, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendukung pembangunan daerah dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

"Pada 44 kawasan transmigrasi yang sudah berkembang menjadi Kota Terpadu Mandiri (KTM), pemerintah akan focus meningkatkan pengembangan 3 sektor, yaitu perkebunan, pertanian dan peternakan, jasa dan wirausaha serta pembangunan infrastruktur dan transportasi," ucap Menakertrans Muhaimin Iskandar, saat kunjungan kerja ke Wakatobi dan Watu-watu, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, dalam siaran pers yang diterima gresnews.com, Minggu (25/12).

Muhaimin mengatakan sudah saatnya pemerintah pusat dan daerah menempatkan program transmigrasi menjadi salah satu prioritas dalam menangani masalah kemiskinan dan pengangguran. "Langkah konkret untuk melengkapi infrastruktur ekonomi dan sosial yang memadai, beri stimulan dan pendampingan usaha serta pembinaan dan mengembangkan permukiman transmigrasi baru," imbuh Muhaimin.

Menurut Muhaimin, salah satu kebijakan yang diterapkan yakni menekankan pentingnya upaya menciptakan wirausaha baru di kawasan transmigrasi guna mendorong perkembangan investasi. Untuk itu, Muhaimin minta peran investor serta perbankan dalam pendanaan. "Sektor kewirausahaan dan pengembangan sektor usaha memiliki peranan penting untuk mengembangkan wilayah transmigrasi. Saat ini Kemenakertrans sedang mengupayakan konsep wirausaha terintegrasi di kawasan KTM," ujar Muhaimin.

BACA JUGA: