SUKABUMI - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono menegaskan mulai Januari 2014 pemerintah melaksanakan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia seiring dibentuknya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Menurut Menko Kesra, saat ini berbagai persiapan sedang dilakukan pemerintah terkait proses administrasi dan sarana prasarananya, sehingga pada Januari 2014 sudah bisa langsung berjalan.

“Anggaran yang dipersiapkan sekitar Rp25-30 triliun,” ujar Agung sembari berharap pada Januari 2014 seluruh penduduk harus sudah terdaftar dalam jaminan kesehatan seperti dikutip laman setkab.go.id

Menko Kesra menjelaskan, jaminan kesehatan tersebut berlaku untuk seluruh penduduk Indonesia yang dilakukan secara bertahap dan dalam lima tahun sudah harus selesai.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, saat ini baru 63 persen penduduk Indonesia atau sekitar 142 juta orang yang telah tercover jaminan kesehatan, sedangkan 70 juta jiwa belum tercover jaminan kesehatan.

BACA JUGA: