Jayapura - Setelah mencuat ke publik kabar tentang 14 mahasiswa ditemukan positif mengidap penyakit AIDS, baru-baru ini diketahui 186 warga positif terkena infeksi menular seksual (IMS) di Waena, Jayapura

"Kasus ini sangat memprihatinkan mengingat penyakit IMS merupakan pintu masuk virus mematikan HIV/AIDS, yang sampai saat ini belum ditemukan penawarnya," kata Welhelmus Ndoen, Sip, Kepala Seksi Media Cetak dan Perfilman Dinas Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Provinsi Papua.

Menurutnya, IMS adalah pintu masuk HIV/AIDS. Karena itu sangat memprihatinkan jika penyakit ini tidak dicegah. Untuk menyampaikan informasi bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat bahwa bukan saja HIV/AIDS tetapi IMS yang disebabkan oleh hubungan seks bebas tentunya, bisa ikut menularkan virus HIV.

"Adanya 186 orang terkena IMS ini, kita tentunya harus lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan HIV/AIDS. Sebab IMS ini pintu masuk bagi HIV. Dan tidak dapat ditoleransi lagi sehingga perlu ditekan angka penularannya," kata Welhelmus yang dikutip papua.go.id.

BACA JUGA: