JAKARTA, GRESNEWS.COM - Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura menyatakan segera membahas sanksi pemecatan terhadap Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura  Hary Tanoesoedibjo. Tindakan itu diambil partai yang dipimpin Wiranto menyusul  langkah bos MNC Group tersebut yang membelot mendukung Prabowo Subianto, ditengah kebijakan Hanura yang mendukung Jokowi sebagai calon presiden.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Hanura Bidang Hukum dan HAM  Kristiawanto mengatakan seluruh kader Hanura harus mendukung pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Sebab amanat dan keputusan Rapat Pimpinan Partai Hanura memandatkan agar Hanura mendukung pasnagan Jokowi-Kalla. Sehingga  Bagi kader yang melanggar AD/ART partai bisa diberi sanksi peringatan hingga pemecatan.  "Semua kader di setiap tingkatan harus taat dan tunduk amanat Rapimnas karena itu Partai Hanura," kata Kristiawanto kepada Gresnews.com, di Jakarta, Selasa (20/5).

Kristiawanto mengatakan dalam waktu dekat DPP Hanura segera mengelar rapat terkait rencana pemecatan HT. Pemberian sanksi itu akan didahului dengan konfirmasi terhadap HT atas kebenaran mendukung Prabowo sebagai capres. "Di internal kita akan segera siapkan rapat membahas benalu yang merugikan partai untuk menjaga visi besar partai Hanura yang  mengedepankan hati nurani," ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini sudah banyak pengurus daerah mempertanyakan sikap HT tersebut, dan mendesak untuk segera diambil tindakan tegas bagi kader yang "mbalelo" dengan memberi sanksi seberat beratnya. "Memang menjadi resiko bagi Hanura menerima kader "karbitan" yang tidak memahami nilai dasar perjuangan Hanura jadi integritas dan loyalitas sangat rendah," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan telah berkomunikasi dengan HT. HT menurut Fadli telah menyatakan dukungannya kepada  pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dalam pilpres. Fadli mengklaim HT akan bergabung dengan Gerindra dan menentukan langkah berbeda dengan ketua umumnya yang memilih bergabung dengan kubu koalisi PDI P.

BACA JUGA: