JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kini sudah menyiapkan lima nama yang akan menggantikan posisi Anis Matta sebagai Wakil Ketua DPR.

Jabatan tersebut ditinggalkan  Anis setelah dirinya diangkat menjadi Presiden PKS menggantikan Luthfi Hasan Ishaaq, yang mundur setelah ditetapkan menjadi  tersangka dalam kasus dugaan korupsi impor daging sapi.

Berdasarkan informasi yang diterima redaksi, Minggu (3/2), kelima nama itu adalah Fahri Hamzah (anggota Komisi VII), Sohibul Iman (Komisi VI), Ledia Hanifa Amaliah (Komisi IX), Andi Rachmat (Komisi VII) dan Kemal Aziz Stamboel. Kelima tersebut nanti akan diserahkan kepada Majelis Syuro PKS untuk dipilih.

Yang menjadi kriteria utama pengganti Anis adalah anggota fraksi yang memiliki kapasitas di bidang ekonomi dan keuangan.

Sebelum mengundurkan diri,  Anis menjabat sebagai Wakil Ketua DPR yang membidangi Ekonomi dan Keuangan sejak 2009. Ia menjadi koordinator ruang lingkup tugas Komisi XI, Badan Anggaran, dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara.

BACA JUGA: