ANDA pemilik mobil KIA Rio? Apabila jawabannya ya, berita ini wajib dibaca karena menyangkut keselamatan buah hati Anda ketika berkendara dengan mobil buatan Korea Selatan ini.

KIA, produsen mobil dari ´negeri ginseng´ merilis kabar mengejutkan tentang penarikan (recall) 72.600 mobil merek Rio. Penarikan mendadak ini dilakukan untuk mengantisipasi kesalahan dari kantong udara (airbag) ketika mengembang terbuka dapat berbahaya kepada anak.

Mobil Rio dimaksud adalah buatan tahun 2006 hingga 2008 sesuai perintah Badan Keselamatan Transportasi Jalan Raya Nasional AS disingkat NHTSB.

NHTSB merilis bahwa sensor di kursi penumpang depan dirancang untuk mencegah airbag ketika mengembang terbuka, apabila yang duduk di depan seorang anak dapat mengancam keselamatannya, dan bukan menjaga keamanan penumpang.

Kegagalan bisa berarti "bahwa sistem tidak akan dapat mendeteksi apakah seorang penumpang anak kecil di kursi dan airbag akan menyebar selama tabrakan," seperti dilansir Washington Post.

Kekuatan airbag keluar dengan cepat telah terbukti sangat berbahaya dan bahkan mematikan bagi anak-anak kecil di kursi depan kendaraan, sehingga memerlukan penggunaan sensor.

Kia mengatakan, pihaknya akan mengingatkan pemilik Rio yang terkena masalah tersebut dan mengganti alat sensornya secara gratis.

Seperti disebut di atas, penarikan (recall) ini hanya berlaku di AS, yang regulasinya dikenal ketat terhadap kepentingan konsumen. Tidak seperti di Asia, khususnya Indonesia, langkah recall ini tidak berlaku sehingga dibutuhkan inisiatif Anda untuk mendatangi distributor resmi KIA guna menyikapi masalah keamanan airbag tersebut.

BACA JUGA: