SUNROOF adalah istilah pada panel di atap mobil  atau atap kaca, yang dapat dioperasikan agar cahaya atau udara dapat keluar atau masuk melaluinya.

Makna lain dari sunroof adalah panel besi di atap mobil yang dapat membuat udara atau cahaya masuk apabila dalam keadaan terbukA, sedangkan moonroof adalah atap kaca di mobil yang dapat membuat cahaya masuk apabila dalam keadaan tertutup dan dapat membuat udara dan cahaya masuk apabila dalam keadaan terbuka.

Kini produsen mobil terobsesi untuk mengurangi bobot kendaran, salah satu kiatnya adalah memasang atap kaca ukuran besar. Atap sunroof yang besar  mendominasi banyak kabin model-model terbaru. Kaca sunroof itu bisa sekuat baja. Namun, kaca itu memiliki bobot yang berat melebihi baja, tergantung pada ukurannya.

Atap sunroof yang terbuka dapat mengalirkan udara ke bagian kendaraan, meningkatkan berat dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

"Banyak orang ingin kendaraannya kena banyak sinar matahari," kata Wakil Presiden Pembuat sunroof Webasto AG John Thomas seperti dilansir Auto News.

Webasto memasok sekitar 55% seluruh peralatan asli sunroof di seluruh dunia. Bobot sunroof semakin ringan dengan penggunaan frame aluminium dan kaca tipis.

"Penggunaan kaca besar telah menjadi tren  bagi kendaraan mewah selama beberapa tahun terakhir, dan munculnya berbagai inovasi dan mekanik akan memperluas tren tersebut," ungkap John Thomas.

Perbandingan sunroof
Lincoln MKZ 2013, misalnya, memiliki atap megah yang dapat terbuka dengan ukuran kaca lebih dari 15 meter persegi ketika model itu muncul di dealer tahun ini.

Sebagai perbandingan, sunroof yang menghiasi crossover Cadillac SRX  hanya berukuran di bawah 12 meter persegi. Ukuran sunroof biasanya kurang dari 4 meter persegi.

Chrysler Group menggunakan dua panaromic sunroof yang unik. Pertama untuk sedan andalannya Chrysler 300 dan SUV Jeep Grand Cherokee.

Hyundai dan Kia, memiliki atap sunroof yang besar sesuai segmen dan kelasnya.

Kia menawarkan fitur sunroof sebagai pilihan pada model high-end Crossover Sorento 2013, Sedan Optima 2012 dan crossover kompak Sportage 2012.

Sunroofs serupa juga ditawarkan pada sedan Hyundai Sonata kelas menengah, sedan besar Azera, coupe sporty Veloster, crossover Tucson dan crossover Santa Fe Facelift dan hatchback Elantra GT.

BACA JUGA: