NVIDIA, nama ini lekat dengan komputer. NVIDIA Corporation adalah sebuah perusahaan produsen prosesor grafis kartu grafis, media dan alat-alat komunikasi untuk komputer pribadi, serta konsol permainan Sony Playstation 3.

Produk paling terkenal dari NVIDIA adalah seri GeForce yang digunakan untuk bermain permainan komputer. Markas utama NVIDIA berada di Jalan Bebas Hambatan San Tomas, Santa Clara, California. Seri terbaru NVIDIA adalah GeForce GTX 280 yang telah menggunakan directX versi 10.

Kini NVIDIA bakal masuk ke industri otomotif. Tesla Motors S nampaknya akan menjadi mobil elektrik pertama yang dibekali sebuah sistem navigasi dan infotainment terbesar yang didukung oleh Prosesor Tegra Visual Computing Module (VCM).

Tegra VCM dibangun atas platform prosesor Tegra yang biasa digunakan pada Smartphone atau tablet. Prosesor ini memiliki superchip mobile pertama di dunia yang mengintegrasi CPU ARM multicore, GPU NVIDIA GeForce, serta prosesor audio, video, dan gambar.

Dengan adanya sistem infotainment berbasis Prosesor Tegra VCM dalam Tesla Motor S, sudah dapat dipastikan bahwa hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi mobil elektrik besutan Tesla Motor, karena Tegra VCM bisa memberikan tampilan beresolusi tinggi, serta mendukung kinerja sistem yang intuitif dan interaktif.

Kualitas grafis 3D dan kemampuan multimedia dengan tingkat efisiensi yang tinggi, seperti dikutip UberGizmo.

Dalam Tesla Motor S akan disematkan dua buah modul Prosesor Tegra VCM. Sebuah modul untuk menjalankan sistem infotainment dengan user interface yang dapat dikustomisasi untuk musik, telekomunikasi, navigasi, dan pengaturan suhu. Sedangkan Modul Tegra kedua dibenamkan NVIDIA dalam panel instrumen digital mobil tersebut dengan layar LCD 12,3 inci yang memiliki tampilan 3D dan dapat dipersonalisasi sesuai keinginan pengemudi.

BACA JUGA: