JAKARTA, GRESNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui tingkat kepercayaan masyarakat jauh menurun setelah melimpahkan kasus Budi Gunawan kepada Kejaksaan Agung. Tak mau terus kehilangan kepercayaan, lembaga antirasuah ini berjanji bekerja keras.

Pelaksana Tugas KPK Johan Budi Sapto Pribowo mengatakan salah satu cara untuk mengembalikan kepercayaan publik adalah menyelesaikan perkara-perkara yang ada saat ini. Menurut Johan, KPK harus segera bangkit dari permasalahan yang menggelutinya dalam beberapa waktu terakhir.

"Kami akan bekerja keras kembali setelah kemarin sempat slow down karena adanya hiruk pikuk. Banyak perkara baik di tingkat penyelidikan, penyidikan dan penuntutan yang juga harus diselesaikan penanganannya. Pemberantasan korupsi tidak boleh berhenti," tegas Johan saat dikonfirmasi wartawan Senin (9/3).

Johan menjelaskan, cara lain agar masyarakat kembali percaya pada eksistensi KPK yaitu  berusaha semaksimal mungkin agar pelimpahan kasus-kasus korupsi lain tidak terjadi lagi. Apalagi, beberapa beberapa tersangka juga menggunakan cara yang sama dengan Budi Gunawan yaitu mengajukan praperadilan dalam kasus yang menimpanya.

"Kami punya strategi yang tentu tidak bisa disampaikan kepada khalayak ramai, karena strategi itu nanti dibaca oleh para tersangka yang mengajukan praperadilan," ujar Johan.

Hal senada dikatakan Pelaksana Tugas KPK lainnya Indriyanto Seno Adji. Menurutnya, KPK tetap menghormati proses maupun keputusan praperadilan baik yang sudah diajukan maupun yang telah diputuskan majelis hakim terlepas pro dan kontranya keputusan tersebut.

Indriyanto menjelaskan, dalam kasus Budi Gunawan memang hal yang sulit. Namun KPK berupaya tak lagi mengulang pelimpahan kasus. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kinerja pencegahan dan juga mempercepat segala kasus yang menjadi prioritas baik di tingkat penyelidikan, penyidikan dan juga penuntutan.

"Dengan menyelesaikan sekitar 30-an kasus tersisa dalam waktu relatif pendek sekitar 10 bulan kedepan. Kami tidak termangu kasus BG saja. Tapi bagaimana, dengan tetap meningkatkan kinerja KPK tidak saja pemberantasan, juga pencegahan korupsi ini. Membangun kembali soliditas kelembagaan KPK," ucap Indriyanto.

BACA JUGA: