JUMAT keramat itulah sebutan bagi seorang tersangka di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Setiap tersangka KPK yang dipanggil hari Jumat, sebelum atau seusai pemeriksaan akan langsung masuk tahanan yang berada di basement gedung di kawasan Kuningan tersebut.

Pemanggilan ini adalah yang pertama sejak Miranda ditetapkan sebagai tersangka pada 26 Januari lalu.

Miranda tampaknya bakal menyusul Aat Syafaat, Wali Kota Cilegon, Banten, yang sepekan lalu, juga di hari Jumat (25/5) ditahan oleh KPK.

Daftar mereka yang masuk tahanan KPK di ´Jumat kelabu´ sudah berderet. Sebelum Aat, Angelina Patricia Sondakh yang akrab dipanggil Angie sudah merasakan ´tuah´ hari Jumat padahal saat itu politisi Demokrat baru diperiksa untuk pertama kalinya.

Nama berikutnya adalah Wali Kota Semarang Soemarmo Hadi Saputro. Politisi PDIP ini disangka tersangkut suap anggota DPRD Kota Semarang dan ditahan KPK pada 30 Maret 2012, juga di hari Jumat.

Rustam Syarifudin Pakaya, yang tersangkut kasus korupsi pengadaan alat kesehatan masuk tahanan juga di hari Jumat pada 20 April 2012.

Sutedjo Yuwono, mantan Sekretaris Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat yang tersandung kasus korupsi alat kesehatan rumah sakit rujukan flu burung pada 2006 mengalami nasib serupa. Sutedjo ditahan Jumat, 7 Februari 2011. Demikian pula Gubernur Sumatera Utara nonaktif Syamsul Arifin, ditahan Jumat usai diperiksa untuk kasus korupsi APBN Kabupaten Langkat tahun 2000-2007.

BACA JUGA: