JAKARTA, GRESNEWS.COM - Fuad Amin Imron ternyata cukup masif melakukan upaya menutupi harta kekayaannya yang diduga berasal dari hasil korupsi. Mantan Bupati Bangkalan itu tidak hanya memanfaatkan keluarganya, tetapi juga pedagang kelontong hingga pesuruh di rumahnya.

Zainal Abidin Zen, salah satu pedagang kelontong mengaku pernah diminta Fuad untuk membuka rekening di beberapa bank. Namun setelah meminta dibukakan, rekening-rekening tersebut kemudian diminta oleh Fuad.

Zainal yang  masih memiliki hubungan keluarga dengan Fuad menyebut dirinya pernah diminta untuk membuka rekening di beberapa Bank diantaranya BCA, BTN serta Bank Mandiri. Zainal mengaku rekening di Bank tersebut dibuka atas nama dirinya.

"Saya dipanggil (Fuad) suruh ke bank, terus nyampe di Bank serahkan KTP lalu tanda tangan," kata Zainal saat bersaksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/6).

Selanjutnya, Fuad Amin yang juga dijerat kasus dugaan gratifikasi pengadaan gas alam di Bangkalan,  memintanya menyerahkan buku rekening serta kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari beberapa bank itu. Mengenai berbagai transaksinya, Zainal otomatis tidak mengetahui sama sekali karena Fuad yang mengelola.

Tidak hanya Zainal, Fuad Amin juga memanfaatkan pesuruh dirumahnya bernama Achmad Mudhar Makki untuk membuka rekening di sejumlah bank. Mudhar justru membuka rekening di empat tempat yaitu BNI, BCA, BTN, serta BRI.

Senada dengan Zainal, Mudhar Makki juga mengaku dia langsung menyerahkan buku rekening pada Fuad setelah rekening tersebut dibuka. Mengenai transaksi dalam rekening-rekening yang dibuka pun, Mudhar Makki mengaku tidak mengetahui. "Tidak tahu, sumber dana juga tidak tahu," ujar Mudhar.

Pencucian uang yang dilakukan Fuad Amin memang terlihat masif. Sebab sebelumnya, dua adik ipar Fuad yaitu Taufik Hidayat dan Muhamad Yusuf juga diminta membuka rekening tanpa pernah mengelola rekening itu sama sekali.

Bahkan, Fuad mengatasnamakan Taufik untuk membeli bebeberapa unit apartemen di Sudirman. Tak hanya itu, anak Taufik juga dipinjam KTP untuk membeli mobil tanpa pernah dimanfaatkan Taufik, apalagi anaknya.

BACA JUGA: