Jakarta - Upaya peningkatan daya saing koperasi dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta dan PT Telkom Indonesia lewat program koperasi modern berbasis teknologi informasi. Dengan adanya program tersebut, Pemprov DKI Jakarta menargetkan 4.017 koperasi di Jakarta menjadi koperasi modern.

"Diharapkan dalam program itu, koperasi mengikuti perkembangan teknologi, adaptif, dan berorientasi pada perubahan, sehingga mampu bersaing di era pasar bebas," kata Adi Ariantara, Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta, Selasa (10/4).

Menurutnya, selama periode 2012-2014, Pemprov DKI juga akan mengupayakan 70% koperasi di seluruh wilayah DKI Jakarta sudah memiliki kriteria 3K, yaitu kompeten, kompetitif dan komersial, dan itu didukung oleh pihak swasta melalui paket aplikasi sistem akuntansi yang sesuai dengan karakteristik koperasi, menyiapkan koneksi internet, dan sejumlah pelatihan lainnya yang dibutuhkan.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Ratnaningsih, mengungkapkan dari target 4.017 koperasi yang akan dibentuk menjadi koperasi modern, sebelumnya akan diberi pelatihan dalam tiga tahap.

Tahap pertama, jelasnya, pada tahun 2012 pelatihan akan diberikan kepada 1.606 koperasi, tahun 2013 pelatihan akan diberikan kepada 1.606 koperasi, dan tahun 2014 pelatihan akan diberikan kepada 805 koperasi.

“Agar program tersebut dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, terlebih dahulu akan dibentuk 10 koperasi percontohan,” jelasnya seperti dikutip beritajakarta.com.

BACA JUGA: