Jakarta - Anggota Komisi VI Fraksi PKS, Zulkiflimansyah menilai, rencana menaikkan tarif dasar listrik (TDL) akal-akalan pemerintah. Pengecualian kenaikan listrik bagi pelanggan 450 VA tidak jelas. Karena pada saat ini, justru sudah banyak pelanggan listrik yang berada di kelas 900 VA.

"Kalau naikkan listrik 10 persen kecuali 450 VA itu menurut saya hanya akal-akalan. Karena sekarang yang paling kecil justru orang hanya pakai yang 900 VA," ujar Zulkiflimansyah di Jakarta, Kamis (29/9).

Seperti diketahui, sejauh ini belum ada kesepakatan antara pemerintah dan anggota Komisi VII DPR untuk menetapkan asumsi makro dalam RAPBN 2012 untuk sektor ketenagalistrikan, khususnya pada rencana kenaikan listrik.

Pemerintah juga sebelumnya sudah memberikan kajian-kajian kepada anggota Komisi VII terkait pertimbangan dan perhitungan kenaikan listrik itu.

Dalam rapat DPR dengan Kementerian ESDM hari ini, sempat ditampilkan mengenai dampak kenaikan tarif tenaga listrik. Misalnya, jika kenaikan listrik diberlakukan sebesar 10% kecuali untuk pelanggan 450 VA, maka diperkirakan bahwa besaran inflasi di 2012 nanti adalah sebesar 5,3%.

BACA JUGA: