Pembangunan Rusun Penjaringan Tak Jelas




Pada Juli 2016 lalu, tiga blok yang ditempati warga korban kebakaran itu dikosongkan sementara.


Rumah Susun atau Rusun Penjaringan, Jalan Tanah Pasir, Jakarta Utara dalam kondisi memprihatinkan. Sepanjang lorong tiga blok rusun yakni blok E, F, G sampah dan puing berserakan. Sebagian tiang pagar yang berada di setiap lantainya sudah hilang, tembok bangunannya pun banyak yang bolong. Hingga saat ini, rusun tersebut masih terbengkalai dan belum tersentuh perbaikan.

Rusun ini menjadi tempat tinggal warga korban kebakaran kolong tol Bandengan pada 1988 lalu. Rusun itu berada di tengah permukiman padat penduduk di Jalan Tanah Pasir, Penjaringan, Jakarta Utara. Sekilas memang tak tampak jika ada beberapa unit tower rusun di dalamnya. Lokasinya cukup sulit dijangkau, karena setiap tower bangunan tersebut hanya memiliki 4 lantai.

Pada Juli 2016 lalu, tiga blok yang ditempati warga korban kebakaran itu dikosongkan sementara. Para penghuninya terpaksa pindah karena bangunan ini akan revitaliasi. Namun, pembangunannya terbengkalai. Tak ada pekerja yang tampak mengerjakan perbaikan gedung.

Dengan kondisi yang sudah memprihatinkan, Rusun Penjaringan yang punya beberapa blok itu benar-benar sangat tak layak huni. Bekas–bekas puing dari masing–masing unit berserakan begitu saja, sampah dan bau pun menyeruak saat memasuki bangunan tiga lantai, langkah kaki pun harus ekstra hati-hati karena banyak bagian tangga atau lantai yang telah lapuk,berkarat bahkan bolong.

Dengan dana sepenuhnya berasal dari APBD 2016, Pemprov DKI rencananya merevitalisasi rusun Penjaringan dengan membangun 6 menara dan 16 disertai fasilitas umum, seperti pasar yang akan ditempatkan di lantai 2. Begitu juga dengan sarana parkir kendaraan warga akan diperluas.

Pembangunan menara rusun dilakukan bertahap, untuk tahap awal dibangun 2 menara yang pengerjaannya melalui proses lelang. Namun hingga kini realisasinya belum ada kejelasan.

Warga berharap semoga Rusun Penjaringan ini bisa pulih dibangun kembali, agar bisa dipergunakan bagi kemaslahatan warga DKI Jakarta.Karena sayang jika Rusun ini lama dibiarkan terbengkalai, mengingat Rusun atau Rumah Susun adalah salah satu solusi strategis bagi pengembangan pemukiman yang terjangkau bagi warga berpenghasilan menengah-bawah di Ibu Kota DKI Jakarta. (Edy Susanto/Gresnews.com)

Coretan keluhan warga di dinding usang rusun Penjaringan Jakarta Utara.

Petugas keamanan rusun kerap berkeliling sekedar mengecek bangunan rusun menghindari adanya tindakan asusila dan pencurian puing-puing bangunan rusun yang telah kosong.

Bagian belakang rusun yang sempat sudah di bongkar namun kini dibiarkan begitu saja menjadi puing-puing.

Kini, rusun tersebut hanya dijadikan tempat bermain bagi anak-anak sekitar.Tak jarang juga terlihat sekumpulan remaja berkumpul untuk sekadar nongkrong di dalam unit rusun yang tak lagi berpintu.