Jakarta - Kenaikan peringkat Indonesia dari BBB- ke BB+ atau setara dengan investment grade oleh Fitch Ratings, Kamis (15/12), menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia diakui baik di mata internasional. Menyikapi hal itu, pemerintah akan memanfaatkan peluang tersebut sebagai buah dari perjuangan Indonesia selama 14 tahun.

"Fitch menaikkan peringkat kita jadi investment grade. Ini sesuatu yang lepas dari kita sejak 14 tahun lalu. Tahun 1997 awal krisis dulu kita downgrade bahkan pernah default. Setelah itulah kita berjuang dan bekerja keras bagi ekonomi kita dan kalau ekonomi kita makin baik," ujar Presiden SBY saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat (16/12).

Hal yang membuat presiden SBY bisa berbangga adalah prestasi yang diperoleh Indonesia itu diraih di saat negara-negara maju mengalami krisis ekonomi.

"Terjadinya krisis di sejumlah negara, banyak negara yang diturunkan justru peringkatnya. AS sendiri, lalu negara-negara Eropa. Bahkan saya ikuti berita internasional ada enam bank bertaraf global yang diturungkan peringkatnya. Oleh karena itu kita justru bersyukur dan gembira kita justru mendapat kenaikan pangkat," pungkas SBY.

BACA JUGA: