JAKARTA, GRESNEWS.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan warga Jakarta untuk mewaspadai banjir hari ini. BNPB mengingatkan Jakarta awas banjir mengingat tinggi muka air Sungai Ciliwung di Pintu Air Manggarai saat ini mencapai 950 cm atau dalam status Siaga I.

Melalu status akun Twitternya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (18/1) menyatakan pada pukul 00.15 WIB, muka air Sungai Ciliwung di Pintu Air Manggarai berada pada posisi 950 cm. Sutopo mengingatkan pada Siaga I komando di lapangan, termasuk membuka atau menutup pintu air serta akan dikemanakan arah air akan dilakukan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU.

"Tinggi air di Karet posisi 620 cm (Siaga I) karena lebih dari 600 cm sebagai batas tingkat Siaga I. Untuk Sungai Ciliwung, komando masih di bawah Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Kementerian PU," tulis Sutopo seperti dirilis situs setkab.go.id.

Oleh karena itu Sutopo mengimbau warga khususnya di sepanjang aliran Kanal Banjir Barat dan Ciliwung Kecil antara lain daerah Kartini, Pasar Paru, Pegangsaan, Kwitang, Gunung Sahari, Karet, Grogol, Roxy, Jelambar, dan sekitarnya untuk waspada.

Laporan BNPB hingga saat ini pengungsi di Kelurahan Bidara Cina mencapai 761 jiwa (208 KK), sedangkan di Kelurahan Kampung Melayu 478 jiwa (77 KK). Sedang pengungsi di GOR Otista mencapai 1.239 jiwa. Semalam banjir juga dilaporkan menggenangi kawasan RT 1-10 RW 07 di Jl. Karet Pasar Baru Barat 1, Kel Karet Tengsin, Kec Tanah Abang.  Sutopo berharap tingginya muka air Manggarai tidak mengakibatkan tanggul jebol, untuk mengurangi beban arus di Manggari,  menurut dia, sebagian aliran Ciliwung telah dialirkan ke Ciliwung lama.

Berikut beberapa laporan kondisi banjir yang didata setkab.go.id dari berbagai sumber diantaranya;
- Di depan Lantamal/WTC Mangga Dua Jln Gunung Sahari,  tinggi air 70 cm dan sementara tidak bisa dilintasi semua jenis kendaraan bermotor.
- Banjir di exit Tol Plumpang, bagi kendaraan jenis sedan diimbau utk tidak melintas
-Banjir di dpn Citraland Grogol & lalin tersendat
- Banjir di Bunderan Kelapa Gading Jakut, tinggi 50 cm dan sementara tidak bisa dilintasi semua jenis kendaraan bermotor.
-Banjir di Jl Bulevard Barat Kelapa Gading, tinggi air 70cm-80cm dan sementara tidak bisa dilintasi kendaraan.
-Banjir di Jl Mangga Besar Jakpus tinggi air  20-30cm
-Banjir di wilayah narogong Bekasi Timur
- Banjir di turunan fly over depan Mall Artha Gading
-Banjir di Perumahan Aneka Elok Penggilingan Cakung tinggi air 20-30cm
-Banjir di Terusan Igusti Ngurah Rai tinggi air 60cm
-Banjir di dpn Trisakti, Jl S Parman Grogol, tinggi air 40-50cm bagi kendaraan sejenis sedan agar tidak melintas
-Banjir depan gudang peluru, Jln KH Abdullah Syafei Kampung Melayu, tinggi air 100cm-120cm tidak bisa dilintasi semua jenis ranmor
-Banjir di pintu masuk tol Cempaka Putih, tinggi air 100cm sementara tidak bisa dilintasi semua jenis ranmor
-Banjir di underpass UKI Cawang
-Banjir di samping Sarinah, Jl MH Thamrin, tinggi air 20-30cm
-Banjir di dalam gang Haji Hanafi, Cipinang Muara, Jakarta Timur, tinggi air 30-40cm
-Banjir di Kampung Kesepatan Bedeng Cakung tinggi air 100cm
-Banjir di Kebon Nanas Jaktim 30-50cm
-Banjir di Green Garden Jalan Panjang Jakarta Barat
-Banjir di Perumnas Klender

BACA JUGA: