JAKARTA - Masyarakat diminta untuk mempersiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi kemungkinan bencana yang dapat berpotensi terjadi banjir maupun tanah longsor. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memberikan pengumuman perkembangan prediksi cuaca terbaru dalam dua pekan mendatang yang patut diwaspadai. 

Menurut Dwikorita, aliran udara basah dari Timur Afrika diperkirakan menuju wilayah Indonesia dan dapat mengakibatkan potensi hujan ekstrem pada 10-15 Januari 2020. Selanjutnya, pergerakan aliran udara basah juga masih akan berlanjut pada Januari akhir hingga pertengahan Februari 2020.

"Aliran udara basah masuk ke Indonesia diperkirakan pada tanggal 10-15 Februari 2020 dan siklus berulang pada akhir Januari hingga pertengahan Februari 2020," ungkap Dwikorita dalam keterangan yang diterima Gresnews.com, pada saat Rapat Koordinasi Banjir Jabodetabek di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (2/1). 

Ada pun sejumlah wilayah di Indonesia yang diprediksi akan terdampak hujan dengan intensitas tinggi hingga ekstrem tersebut meliputi Sumatera bagian tengah, Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian selatan hingga tenggara. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk mempersiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi kemungkinan bencana yang dapat berpotensi terjadi. 

Sebenarnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak 2011 telah meluncurkan Indeks Rawan Bencana Indonesia (IRBI) yang memberikan informasi tingkat risiko bencana tiap-tiap kabupaten/kota di Indonesia. Adanya IRBI ini dapat memberikan gambaran perbandingan tingkat risiko suatu daerah (kabupaten/kota).

Penentuan tingkat risiko bencana dilakukan dengan memperhitungkan indeks bahaya, indeks kerentanan dan indeks kapasitas di suatu daerah. Dari informasi tingkat risiko bencana tersebut, para pelaku penanggulangan bencana dapat menentukan upaya prioritas di daerah masing-masing untuk meningkatkan kapasitas dalam upaya penanggulangan bencana. Peningkatan kapasitas ini pada akhirnya dapat menurunkan indeks risiko bencana di suatu daerah. (G-2)

BACA JUGA: