JAKARTA - Kecelakaan lalu lintas jalan selama musim mudik Lebaran masih cukup tinggi. Fatalitas kecelakaan masih cukup memprihatinkan.

Tahun 2012, data pemerintah memperlihatkan, korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan tiap hari rata-rata 50-an jiwa. Belum lagi mereka yang menderita luka-luka, yakni rata-rata 400 orang per hari. Ironisnya, keterlibatan sepeda motor dalam kecelakaan tersebut masih cukup tinggi yakni sekitar 70% dari total kendaraan yang terlibat.

Tahun 2013, kementerian perhubungan (Kemenhub) memprediksi tiga juta sepeda motor bakal dipakai untuk transportasi mudik. Angka tersebut lebih tinggi sekitar 8% dibandingkan dengan tahun 2012. Jumlah sepeda motor lebih tinggi dibandingkan mobil pribadi yang ditaksir mencapai 1,75 juta unit.

Risiko kecelakaan bisa menimpa semua jenis angkutan jalan. Upaya memproteksi diri tidak hanya pemudik bersepeda motor, masyarakat yang menggunakan mobil pribadi pun diimbau agar tetap fokus dan berkonsentrasi saat berkendara. Mutlak, mengingat peran pengendara mempunyai andil besar dalam memicu kecelakaan saat arus mudik.

"Mudik memerlukan persiapan fisik yang sangat matang, terutama kondisi fisik dan mental. Peran pengendara sangat penting. Tahun lalu, rata-rata 50 pemudik meninggal setiap harinya," ujar Ketua Umum Road Safety Association (RSA), Edo Rusyanto, di Jakarta, Sabtu (3/8/2013), saat melakukan aksi damai bertajuk Mudik = Pulang Kampung, Bukan Masuk Rumah Sakit.

RSA adalah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang didirikan di Jakarta, pada 2009. LSM ini bergerak di bidang pemberdayaan publik agar lebih aman, nyaman, dan selamat saat berlalu lintas jalan. Pada 2013, RSA bersama puluhan LSM sejenis membentuk aliansi LSM global dari 80 negara di Turki. Kini, relawan RSA tersebar di berbagai kota di Indonesia.

SBY Tinjau Pemudik
Sementara itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta jajaran menteri terkait akan datang ke terminal penumpang Tanjung Priok, Jakarta Utara. Presiden akan meninjau arus mudik yang menggunakan KRI Banda Aceh.

Berdasarkan jadwal presiden yang didapat dari biro media istana, Minggu (4/8/2013), SBY direncanakan akan tiba pukul 10.00 WIB di Tanjung Priok. Secara resmi, SBY akan melepas pemudik yang naik KRI Banda Aceh.

Tak hanya itu saja. SBY juga dijadwalkan datang ke Kemenhub sekitar pukul 11.30 WIB.

Di sini, SBY akan meninjau secara langsung posko angkutan lebaran 2013 di Lantai VII Ruang Nenggala Gedung Cipta Kemenhub. (*/dtc/GN-01)


BACA JUGA: