JAKARTA, GRESNEWS.COM - PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik mudik natal terjadi hari ini, Selasa (26/12). Pada arus balik ini volume kendaraan yang melintas di Tol Cikampek diperkirakan akan meningkat hingga 90 ribu kendaraan, dari volume hari biasa sekitar 70 ribu kendaraan.

Menurut AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru puncak arus balik libur Natal 2017 telah dimulai pada kemarin malam, Senin (25/12). Jasa Marga memperkirakan volume kendaraan yang melewati gerbang Tol Cikarang Utama menuju Jakarta meningkat 29,31 persen dari hari biasa.

Pagi ini juga telah dilaporkan kemacetan panjang terjadi di jalan Tol Cikampek KM 50 menjelang pintu masuk rest area KM 42 arah Jakarta. Kepadatan tersebut diduga akibat banyaknya antrean kendaraan yang masuk dan keluar rest area tersebut.  

Sementara kondisi lalu lintas arah Jakarta setelah KM 42 terpantau ramai lancar. "Selebihnya, dari KM 42 ke Jakarta lancar," ujar petugas Jasa Marga, Febri, saat dihubungi, Selasa (26/12). 

Dwimawan sebelumnya mengatakan bahwa potensi-potensi macet diperkirakan terjadi di gerbang tol dan di sejumlah rest area.

Menurutnya untuk mengantisipasi kapasitas di gerbang tol, Jasa Marga menyiapkan movable toll booth, mobile reader hingga reversible toll booth. Pihaknya juga menyiapkan kapasitas pendukung seperti penjualan e-toll di gerbang tol dan menempatkan alat top-up di gerbang tol.

Selain itu Jasa Marga juga mengoptimalkan kapasitas lajur di ruas jalan tol dengan menambah lajur dan menempatkan petugas pelayanan lalu lintas di lokasi strategis.

"Beberapa aktivitas proyek juga dihentikan untuk meningkatkan kapasitas lajur dan melakukan pergeseran MCB proyek," kata  Dwimawan.

Sementara jika situasi macet, Jasa Marga akan menyiapkan rekayasa di ruas tol seperti memberlakukan contra flow, melakukan pengalihan rute perjalanan, pengalihan gerbang transaksi. Kemenhub juga mengeluarkan edaran pembatasan jam operasional kendaraan truk pada saat libur panjang ini.

Untuk mengatasi kemacetan di rest area, Jasa Marga menyiapkan sejumlah parking bay untuk beristirahat dan menempatkan mobile toilet. Diluar itu Rest area juga akan diberlakukan buka-tutup saat terjadi kepadatan.

Bahkan Jasa Marga juga menyediakan  penjualan BBM kemasan untuk mengantisipasi kendaraan yang kehabisan bahan bakar. Juga tersedia layanan gerak dan bank di rest area dan parking bay.

Namun dihimbau  kepada pemudik untuk menyiapkan perbekalan yang cukup selama perjalanan. Juga diimbau untuk mengisi penuh bahan bakar kendaraan dan memastikan saldo uang elektronik cukup sebelum bepergian.(dtc/rm)



BACA JUGA: