JAKARTA, GRESNEWS.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjanjikan akan menaikkan kuota program mudik gratis pada tahun 2018 hingga sebanyak 2 kali lipat. Menurutnya mudik bareng tahun ini mengalami peningkatan hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Program mudik gratis ini memang kita lebih intensifkan, tercatat jumlah dari mudik tahun ini mendekati 300.000 orang," katanya usai acara Pelepasan 231 unit bus Mudik Gratis Guyub Rukun tahun 2017/1438 H di Pantai Karnaval Ancol, Kamis kemarin.

Untuk acara mudik bareng kali ini merupakan kolaborasikan antara Kementerian Perhubungan dengan stakeholders dan BUMN.

Menhub menghimbau pemudik tidak menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi untuk mudik lebaran. Untuk tahun ini  selain program mudik gratis regular (motor diangkut truk), Kemenhub juga mengadakan program tambahan 1.000 unit bus khusus untuk pemudik dengan tujuan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Menurut Menhub mudik menggunakan motor bukan sarana transportasi yang aman. Untuk itu mudik bareng adalah suatu solusi karena penumpang gratis, juga motornya diangkut gratis.

Program mudik gratis, menurut Menhub, merupakan rangkaian kegiatan Kemenhub meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam meningkatkan keselamatan di jalan.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar menyebut peserta mudik gratis tahun 2017 mencapai 38.127 orang dan 2.504 unit motor. Atau mengalami kenaikan sebesar 100.15% pemudik dan motor sebesar 101.91%. Pemberangkatan bus mudik dibagi dalam 5 hari mulai tanggal 19 sampai dengan 23 Juni 2017.

Mudik gratis selain yang mengangkut sepeda motor juga diselenggarakan dengan moda kapal ro-ro, kapal laut dan kereta api. Kapasitas total mudik gratis semua moda yang disediakan oleh kementerian perhubungan sebanyak 42.606 untuk sepeda motor dan 85.651 untuk penumpang.(rm)

BACA JUGA: