LEBANON - Prajurut TNI yang tergabung dalam Satgas Yonmek Konga XXIII-G/UNIFIL atau Indobatt (Indonesian Battalyon) menerima ceramah Bintal (Pembinaan Mental), di POSN 7-1 Adshid al-Qusayr, Lebanon Selatan. Ceramah Bintal yang diberikan oleh Pabintal Mayor Laut Sri Depranoto.

Menurut Komandan Indobatt Mayor Inf Lucky Avianto, selama penugasan para prajurit akan terus dibekali tentang pemahaman agama, baik itu yang beragama Islam, Khatolik, Protestan, Hindu, dan Budha secara terjadwal dan terkoordinir dengan baik. hal ini dimaksudkan agar seluruh prajurit selalu dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dansatgas juga menambahkan pemahaman agama yang diberikan juga berguna untuk mengendalikan diri dalam bertindak, sehingga apa saja yang dilakukan oleh para prajurit Indobatt selain berpegang teguh pada aturan yang berlaku pemahaman akan ilmu agama juga dapat dijadikan pegangan.

Khusus bagi Umat Muslim, Pabintal mengawali ceramahnya dengan melaksanakan pembacaan Surat Yasin secara bersama dan dilanjutkan dengan pemberian Kultum (Kuliah Tujuh Menit). Pada kesempatan yang sama pula Pabintal juga berpesan agar dimanapun kita bertugas dan dalam keadaan apapun kita harus selalu ingat pada Nya dan memohon petunjuklah kepada-Nya, agar apa yang kita kerjakan selalu diberi pentunjuk dan kemudahan. Ke depan juga akan dilaksanakan pelatihan Manasik Haji dan tata cara Umroh.

BACA JUGA: