JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono menerima pelaporan dua Satgas Kontingen Garuda yang baru kembali dari penugasan di bawah bendera PBB. Satgas tersebut adalah Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-I/MONUSCO yang telah melaksanakan tugasnya di Kongo dan Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-D/UNIFIL dari Lebanon di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Jumat (11/1).
 
Satgas Kizi TNI Konga XX-I/MONUSCO berjumlah 175 orang, terdiri dari 142 personel TNI AD, 20 personel TNI AL, 5 personel TNI AU dan 5 personel Mabes TNI dipimpin oleh Letkol Czi Sapto Widi Nugroho. Satgas MTF TNI Konga XXVII-D/UNIFIL berkekuatan 105 orang dari TNI AL, dipimpin Letkol Laut Dato Rusman.
 
Satgas Kizi TNI Konga XX-I/MONUSCO telah bertugas selama satu tahun di Republik Demokratik Kongo, dengan hasil yang dicapai, antara lain membangun jalan antara Kiliwa-Duru sepanjang 37 kilometer, memperbaiki jembatan dan jalan, membangun camp tentara Kongo. Karena keberhasilan melaksanakan tugas-tugas tersebut, Satgas Kizi TNI Konga XX-I/MONUSCO mendapatkan penghargaan berupa medali dan piagam dari PBB.
 
Sementara itu, Satgas MTF TNI Konga XXVIII-D/UNIFIL bertugas selama enam bulan di perairan Lebanon, dengan hasil yang dicapai antara lain menerima penghargaan yang diberikan pemerintah Lebanon melalui Lebanesse Armed Force (LAF-Navy), berupa Valour Medale.
 
Panglima TNI dalam amanatnya, antara lain menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas dan prestasi yang telah dicapai dalam mengemban tugas negara pada misi perdamaian dunia di bawah bendera PBB. Pencapaian yang diraih tersebut semakin mengukuhkan kepercayaan dan pengakuan dunia terhadap kemampuan TNI dan komitmen Indonesia dalam peran aktif mewujudkan perdamaian dunia.

BACA JUGA: