JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia (KKPI) untuk pertama kalinya pada 6-9 November 2012. Kongres itu diharapkan bisa menjadi momentum bagi pemuda untuk mengambil peran dalam gerakan kebudayaan.

"Sejatinya kongres ini ingin menjadikan pemuda sebagai pilar dan agen pembangunan bidang kebudayaan yang kreatif, handal, dan memiliki integritas dalam memajukan peradaban Indonesia," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti di Jakarta.

Dia menjelaskan acara rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono di Hotel Borobudur, Jakarta (6/10).

Menurutnya kongres ini bertujuan untuk membangun visi dan langkah bersama dan terpadu dalam memperkuat posisi kebudayaan sebagai panglima dalam pembangunan Indonesia. Dan mengangkat tema dan semboyan KKPI "Indonesia Aku bangga, Membangun Karakter, Kreativitas, dan Solidaritas".

Kongres akan menghadirkan narasumber-narasumber seperti Gede Prama, Basuki Tjahaja Purnama, Arie Soejito, Edo Kondologit, Innayah Wahid, Nila Riwut, Viki Sianipar, Carmanita, Eko Supriyanto, Dinan Fariz, Supadma Rudana, Saptuari Sugiharto.

SUMBER: KEMENDIKNAS.GO.ID

BACA JUGA: