YOGYAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan RI Ali Ghufron Mukti mendorong pemuda, pelajar maupun mahasiswa Indonesia untuk ikut berperan dalam pembangunan bangsa, salah satunya di bidang kesehatan.

Menurutnya, langkah tersebut bisa dilakukan melalui berbagai gerakan yang melibatkan pemuda, seperti gerakan sadar gizi, gerakan anti narkoba dan gerakan olahraga sehat.

"Kiprah pemuda sangat berperan dalam perubahan bangsa dan ini bisa dilakukan melalui bidang kesehatan," tegas Ali di kampus UGM, Sabtu (27/10).

Ali menambahkan kiprah pemuda di bidang kesehatan tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjuangan bangsa. Ia kemudian mencontohkan dengan perjuangan Wahidin Sudirohusodo, Sutomo maupun Sardjito yang merupakan dokter yang ikut menjadi pelopor gerakan pemuda pada masa itu.

"dr Sardjito misalnya, jika pagi kuliah maka malam harinya bergerilya," kata Ali.

Ali mengakui, persoalan kebangsaan yang dihadapi pemuda Indonesia saat ini kian kompleks, misal maraknya peredaran narkoba dan penyelewengan pemanfaatan teknologi informasi seperti internet yang banyak melibatkan pemuda.

Untuk itu Ali Ghufron berharap pemuda, pelajar dan mahasiswa Indonesia sebagai agen perubahan mampu berkiprah secara positif bagi kemajuan bangsa. Dengan keberanian, cita-cita dan kecerdasan kolektif yang dimiliki, ia yakin pemuda Indonesia akan mampu membawa perubahan dan reformasi ke arah yang lebih baik.

"Indonesia butuh peran pemuda dan pemikirannya yang kritis. Ke depan kita juga berharap akan muncul para pemuda yang akan tampil sebagai pemimpin bangsa," ujar Ali.

SUMBER: UGM.AC.ID

BACA JUGA: