JAKARTA - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto mengakui kondisi Indonesia memungkinkan suburnya penyebaran terorisme dan sebagian masyarakat yang jauh dari sejahtera membuat terorisme tidak mudah hilang di Tanah Air.

"Kita setuju terorisme perilaku tidak terpuji, apapun alasannya tetap satu hal yang kita kutuk dan cegah," kata Wiranto di sela-sela acara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar organisasi Srikandi Hanura di Jakarta, Minggu (28/10).

Dia juga menjelaskan, tindakan terorisme dan semacamnya akan hilang dengan sendirinya di Indonesia bila sudah tercipta kesejahteraan, keadilan, dan pemimpin yang amanah di tengah masyarakat.

"Di negara yang semakin maju maka terorisnya makin hilang, tetapi di negara yang masih punya problem dan penegakan hukum yang amburadul terorisnya tetap ada," jelas Wiranto.

Selain itu, dia pun menambahkan, pemerintah melalui aparat keamanan jangan hanya bisa menangkap dan mengejar para pelaku teroris, namun, di sisi lain ada faktor yang harus juga dilakukan pemerintah agar bagaimana kondisi Indonesia aman dan menciptakan masyarakat yang adil sentosa.

BACA JUGA: