MALUKU UTARA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Monumen Trikora dan meninjau Museum Perang Dunia II usai membuka Sail Morotai 2012 di Desa Juanga, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Sabtu (15/9) siang.

Menko Kesra Agung Laksono menjelaskan, pembangunan Monumen Trikora diprakarsai Mabes TNI dan telah selesai dilaksanakan. "Guna melengkapi Monumen Trikora tersebut, akan dibangun Museum Perang Dunia II dan Museum Trikora, di bawah tanggung jawab dan koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Agung.

Ia menambahkan, desain dan maket museum bertaraf internasional telah siap dan akan dibangun mulai tahun anggaran 2013.

"Mudah-mudahan satu tahun sudah bisa selesai. Terkait dengan museum, telah terjalin kerja sama dengan Yayasan McArtur, Amerika Serikat dan World Memorial Museum dari Australia," ucapnya.

Dalam pidatonya saat membuka Sail Marotai 2012, Presiden SBY mengatakan, sejarah telah mencatat bahwa Operasi Trikora merupakan momen yang sangat penting dalam penegakkan kedaulatan dan keutuhan NKRI.

"Marilah dengan semangat baru, semangat untuk membangun kebersamaan pada tingkat dunia, kita ubah kawasan yang dulu merupakan mandala perang, menjadi kawasan perdamaian, kawasan pertumbuhan ekonomi, dan kawasan kerja sama internasional yang membawa manfaat bagi seluruh bangsa di dunia," kata SBY.

sumber: presidensby.info

BACA JUGA: