Jakarta - Kondisi Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jakarta Pusat, yang sangat memprihatinkan akan diperbaiki tahun ini, dengan cara direhabilitasi total. Saat ini disediakan anggaran Rp10 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

"Rehab total kantor PMI Jakarta Pusat akan dilakukan tahun ini. Tapi, kapan pengerjaannya masih belum dipastikan karena masih harus koordinasi dengan instansi terkait," kata Saefullah, Walikota Jakarta Pusat, Kamis (2/2).

Saefullah menambahkan, Gedung PMI Jakarta Pusat yang ada saat ini memang sudah harus diperbaiki mengingat kondisinya yang sangat memprihatinkan. Kerusakan meliputi plafon bocor, lantai retak dan bergelombang sehingga mengganggu aktivitas di kantor tersebut. Parahnya lagi, gedung yang terletak di Jl Pecenongan, Kecamatan Sawahbesar itu rawan ambruk jika terjadi gempa bumi.

"Dengan kondisi seperti itu, bagaimana PMI bisa bekerja maksimal? Oleh karena itu, rehab harus dilakukan," katanya.

Dibangun 1976
Kepala Markas PMI Cabang Jakarta Pusat, Asep Djuanda, mengatakan sejak dibangun pada 1976 gedung yang terletak di Jl Pecenongan No 83, Kelurahan Kebonkelapa, Kecamatan Gambir, itu belum pernah sekalipun direhab. Selain kondisi gedung yang sudah sangat memprihatinkan karena banyak fasilitas dan infrastruktur yang rusak, gedung itu juga tak punya tempat parkir kendaraan operasional.

"Rencananya, dari tiga lantai akan ditambah menjadi empat lantai. Di lantai atas itu nantinya bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti pelatihan dan lain-lain," tandas Asep, seperti dikutip dari laman beritajakarta.com.

BACA JUGA: