Jakarta - Sepekan menjelang Ramadhan, sejumlah Taman Pemakaman Umum (TPU) di Jakarta dipadati ribuan peziarah. Seolah telah menjadi tradisi, para peziarah yang mendatangi TPU mendoakan sanak family maupun kerabat mereka yang telah mendahului mereka.

“Iya, karena maup pusas kami mau nyekar, mendoakan bapak yang telah meninggal sejak 10 bulan lalu,” ujar Liza (27), salah seorang peziarah yang datang bersama keluarganya di TPU Prumpung, Jatinegara, Jakarta Timur, seperti yang dikutip dari laman beritajakarta.com, Minggu (24/7).

Hal yang sama juga diungkapkan Retno (54) yang datang bersama tiga orang anaknya ke TPU Prumpung. “ Ya selain berdoa, kami juga menjaga kebersihan makam suami saya. Kami rutin melakukan ziarah setiap menjelang puasa, dan paska Lebaran,” kata Retno yang bermukim di Kelurahan Cipinangcempedak, Jatinegara.

Sementara itu, akibat membludaknya para peziarah yang memadati TPU Perumpung membuat arus lalu lintas tampak rama di sekitar Jl DI Panjaitan. Meski ramai, namun secara keseluruhan, arus lalu lintas tampak lancer di ruas jalan tersebut. Terlebih, para peziarah yang datang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor, memarkirkan kendaraannya di bekas Bioskop Dharma Ayu yang berjarak sekitar 100 meter dari TPU Perumpung.

Selain peziarah, kawasan TPU Prumpung juga diramaikan dengan puluhan pedagang kembang. Selain itu, para pedagang kembang ini juga menjajakan dagangannya di pinggir Jl DI Panjaitan, utamanya dari Halte Prumpung hingga Jl TPU Prumpung. Dengan menggunakan meja kecil, para pedagang kembang ini memanfaatkan momen menjelang Ramadhan, di mana TPU biasanya akan dibanjiri oleh para peziarah hingga mendekati Ramadhan nanti.

Denny (30), salah seorang pedagang kembang menuturkan, setiap menjelang puasa, dirinya selalu berjualan kembang di Jl DI Panjaitan. Dalam sehari, saat menjelang Ramadhan, ia mengaku meraup keuntungan sebesar Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu dengan modal yang hanya Rp 30 ribu.

“Itu keuntungan yang diperoleh tahun lalu sepakan menjelang Ramadhan. Lumayan bisa buat tambah kebutuhan sehari-hari juga persiapan buat Lebaran,” kata Denny, yang kesehariannya berprofesi sebagai sopir jasa usaha penyewaan mobil.

(feb)

BACA JUGA: