Jakarta - Saat Ramadhan dan Idul Fitri, tingkat konsumsi masyarakat terhadap daging dan ikan selalu tinggi. Untuk menjamin kualitas daging dan ikan yang diperjualbelikan Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat, selain akan meningkatkan pengawasan juga akan menggelar razia daging dan ikan di sejumlah pasar dan supermarket di Jakarta Barat.

“Razia akan dilakukan seminggu sebelum puasa hingga lebaran nanti. Sasarannya di supermarket, swalayan dan pasar tradisional,” ungkap Kusdiana, Kasudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat, Jumat (22/7), dikutip beritajakarta.com.

Kusdiana menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan laboratorium dari Dinas Kelautan dan Perikanan DKI untuk bersama-sama mengawasi peredaran daging sapi, ayam, maupun ikan yang ada di Jakarta Barat. “Kami memastikan setiap ternak yang didatangkan dari daerah pemasok harus disertai Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari dokter hewan di daerah asal. Kalau tidak ada, ternak atau daging tersebut akan kami tahan,” tegasnya.

Pengawasan juga akan dilakukan baik di gudang importir maupun di distributor. Peningkatan pengawasan ini untuk mencegah oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan tingginya permintaan daging dengan menjual daging yang tidak sehat atau tidak layak jual.

(rif)

BACA JUGA: