JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo  yang akrab disapa Jokowi mengatakan akan melanjutkan realisasi pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall. Pemerintah Provinsi DKI akan meminta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan segera merealisasikan proses pembangunan tanggul tersebut.

"Ya, nanti juga akan bangun tanggul laut raksasa. Itu, tidak hanya untuk mengamankan wilayah bagian utara Jakarta tetapi juga punya fungsi serba guna. Salah satunya bisa dimanfaatkan sebagai daerah bendungan air tawar," Gubernur Jokowi Hal di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (25/1).

Gubernur Jokowi mengungkapkan pembangunan giant sea wall tersebut cukup mendesak untuk mengatasi banjir di Ibu Kota. Hal tersebut guna mengatasi banjir di Jakarta, khususnya wilayah di bagian utara Jakarta. Menurutnya, pembangunan tanggul laut raksasa ini membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun dan diakuinya telah mendapatkan konsep dan detail gambar pembangunan tembok raksasa tersebut.

Gubernur Jokowi menambahkan dalam waktu dekat ini Pemerintah Provinsi DKI akan meminta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) untuk segera merealisasikan proses pembangunan tanggul tersebut.

"Pembangunan giant sea wall akan dipercepat. Kita akan minta Bappenas dan UKP4 untuk bisa langsung mempercepat persiapan pembangunannya. Sebab, ini menyangkut anggaran yang besar dan waktu yang cukup lama," ujar Jokowi.

Rencana pembangunan mega proyek ini terus dimatangkan Pemprov DKI Jakarta dengan melibatkan stakeholder lainnya seperti Departemen Pekerjaan Umum (PU) dan Bappenas. Untuk pembangunan proyek ini, Pemprov DKI Jakarta mendapat bantuan dari Belanda untuk pembuatan masterplan tersebut. Namun, untuk pengerjaan fisiknya membutuhkan biaya miliaran dolar Amerika. Jumlah dana yang tidak sedikit itu akan diperoleh melalui mekanisme lelang umum kepada pihak swasta tanpa harus membebani APBD DKI Jakarta.

BACA JUGA: