Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendirikan organisasi sayap bernama Laskar Ahlussunnah Wal Jama´ah (Aswaja).

Ketua Fraksi PKB yang ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pembina Laskar Aswaja, Marwan Jafar, mengatakan kehadiran Laskar Aswaja sesungguhnya ingin mengambil bagian untuk memperbaiki kondisi keprihatinan bangsa.

"Keresahan radikalisme berbasis agama, makanya adanya Laskar Ahlussunnah Wal Jama´ah," ujar Marwan dalam rilis yang diterima gresnews.com, Senin (19/3).

Marwan mengatakan, Laskar Aswaja mengusung moto menjaga, mengawal Indonesia, selanjutnya akan terus dibentuk di seluruh provinsi di Indonesia.

Marwan mengatakan, ada tiga isu yang akan dikawal oleh Ahlussunnah Wal Jama´ah. Pertama, isu disintegrasi bangsa dan terorisme yang mencoba merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan eksistensi Islam ala Ahlussunnah Wal Jamaah.

Kedua, isu suku, agama, ras dan asusila (SARA), yang sangat sensitif dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan negara. Ketiga, isu kekerasan sosial yang belakangan masih terjadi di berbagai tempat. Pun Marwan membantah bila Laskar ini terafiliasi dengan PKB ataupun PBNU.

BACA JUGA: