Gaduh dalam kabinet Presiden Joko Widodo di sektor pertahanan keamanan memantik ketidakpuasan. Anggota Komisi I DPR Bobby Ardhityo Rizaldi menyarankan Presiden Joko Widodo untuk mereshuffle beberapa menterinya saat ini.

"Kepercayaan yang diberikan masyarakat ini harusnya diiringi dengan kinerja kabinet-kabinetnya yang solid. Bukan yang tidak terkoordinir dengan baik," kata Bobby dalam diskusi bertajuk ´Evaluasi 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK´, di Warung Komando, Jalan Dr Saharjo, Jakarta Selatan (6/10).

Politikus Golkar itu menyebut ada beberapa menteri di sektor politik, hukum dan HAM yang tidak harmonis. Hal itu berimbas terhadap persepsi masyarakat atas kinerja pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla (JK).

"Di sektor ini, menko, menhan, panglima, BIN, mendagri, dan menkum HAM ini memang termasuk sektor yang cukup membuat gaduh. Oleh karenanya, meski saya pendukung pak Jokowi, di sektor ini memang perlu revitalisasi," ujarnya.

Jika reshuffle dilakukan, Bobby mengusulkan agar Jokowi bisa merangkul seluruh partai. Artinya, baik partai oposisi diharapkan bisa masuk ke dalam kabinet.

"Dan yang paling penting kiranya memang akan terjadi reshuffle, saya juga berharap Pak Jokowi bisa merangkul semua elemen partai-partai," pungkasnya. (dtc/mfb)

BACA JUGA: