PADANG - Keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai wahana penegakan hukum dalam pemberantasan korupsi di Indonesia harus terus diperkuat. Makanya KPK sangat dibutuhkan dalam membangun Indonesia tanpa korupsi.

Demikian siaran pers Universitas Andalas, Padang yang diterima Gresnews.com, Selasa (9/10) dan ditandatangani Rektor Werry Darta Taifur. Untuk itu Universitas Andalas menyampaikan:
 
1. Menyatakan keprihatinan yang mendalam dalam kaitan dengan kejadian beberapa waktu belakangan yang menunjukkan perselisihan antara KPK dan Polri. Pertarungan antar lembaga penegak hukum antikorupsi hanya akan menguntungkan para koruptor. Karenanya, kami menolak segala bentuk tekanan dan upaya pelemahan terhadap kelembagaan KPK.

2. Mendesak agar ada langkah cepat dan tepat dari Presiden dalam mendukung sepenuhnya KPK dalam pemberantasan korupsi, termasuk dalam mengupayakan penguatan posisi KPK sebagai lembaga extraordinary yang dibutuhkan dalam pemberantasan kejahatan luar biasa seperti korupsi.

3. Mendesak DPR untuk segera menghentikan rencana Perubahan (Revisi) UU KPK yang cenderung melemahkan KPK, dengan menarik kembali dari rencana Perubahan dari Daftar Prioritas Program Legislasi Nasional.

4. Menyatakan dukungan sepenuhnya terhadap setiap usaha Pemerintah untuk memperkuat institusi Polri dengan membersihkan lembaga tersebut dari oknum-oknum yang korup sehingga dapat bersinergi dengan lembaga penegak hukum lainnya dalam memberantas korupsi.

5. Menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia agar waspada terhadap segala bentuk kriminalisasi dan pelemahan gerakan pemberantasan korupsi yang dapat terjadi dalam setiap saat dan dalam berbagai bentuk.

BACA JUGA: