Kabinet baru Mesir secara resmi sudah diumumkan oleh Perdana Menteri Hisham Qandil, Kamis (2/8).  Dalam susunan kabinet itu, Panglima Angkatan Bersenjata Mesir Jenderal Hussein Tantawi tetap menjabat sebagai menteri pertahanan.

Kondisi ini membuat militer Mesir masih memiliki kekuasaan besar, termasuk di kekuasaan legislatif. Selain itu, Perdana Menteri Qandil juga menegaskan Menteri Luar Negeri Mohammed Kamal Amr dan Menteri Keuangan Mumtaz al-Said dipastikan tetap menempati posisi mereka. Sedangkan Mayor Jenderal Ahmed Jamal al-Din, yang saat ini menjadi asisten menteri dalam negeri urusan keamanan, untuk sementara ditunjuk sebagai menteri dalam negeri.

Seperti dihimpun dari berbagai sumber kantor berita, kemarin, penunjukan kembali Jenderal Tantawi, panglima Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata (SCAF), sejalan dengan deklarasi konstitusi sementara yang diterbitkan setelah pemilihan presiden Juni lalu.

Sementara itu, Presiden Mesir Mohammad Mursi yang berasal dari Ikhwanul Muslimin menjanjikan sebuah pemerintahan terbuka dimana perempuan dan umat Kristen juga mendapatkan tempat.

Sebelumnya Mursi sempat mendapatkan kritikan tajam karena terlalu lama menentukan nama perdana menteri untuk kemudian membentuk pemerintahan.

Penunjukan Hisham Qandil, mantan menteri sumber daya air, mengejutkan banyak pihak yang mengharapkan figur yang lebih terkenal.

Sejauh ini dari 18 nama menteri yang diumumkan media pemerintah, dua orang di antaranya berasal dari Ikhwanul Muslimin.

Mustafa Musad, yang bertanggung jawab atas kebijakan pendidikan selama kampanye pemilihan presiden, ditunjuk menjadi menteri pendidikan.

Sedangkan, Tariq Wafiq kepala komite perumahan partai Kebebasan dan Keadilan, FJP, menjadi menteri urusan perumahan. Posisi kunci lain yaitu menteri agama dijatuhkan kepada Osama al-Abd, Presiden Universitas al-Azhar. Beredar kabar bahwa tokoh ultra konservatif Salafi, Mohammed Yusri Ibrahim juga akan ditunjuk sebagai menteri

BACA JUGA: