ISU tentang klaim Pulau Bali sebagai tujuan wisata Malaysia masih terus bergulir. Gubernur Bali I Made Mangku Pastika melalui juru bicaranya akan meminta klarifikasi ke pihak pemerintah Malaysia.

Pasalnya, isu itu telah terdengar oleh Made Mangku Pastika cukup lama. Setelah mengklaim berbagai seni dan budaya Indonesia, negara jiran itu kini menempatkan Bali sebagai tujuan wisata negaranya.

Informasi mengenai penawaran Pulau Bali sebagai daerah tujuan wisata tersebut dapat diakses di sejumlah laman pariwisata Travel Journal dan laman Osvaja.net yang menyebutkan bahwa Pulau Bali sebagai destinasi wisata Negara Bagian Selangor, Malaysia.

Bahkan situs www.scuba-divingmalaysia.com terang-terangan memaparkan Bali sebagai tujuan wisata selam mereka. Pemprov Bali pun meradang dan berniat mengklarifikasi hal ini ke Konjen Malaysia di Jakarta.

Anggota DPR Fraksi Partai Demokrat Sutan Bathugana mengatakan seringnya Malaysia mengklaim kebudayaan Indonesia membuktikan negeri jiran tersebut tidak memiliki kebudayaan asli.

BACA JUGA: