PRESIDEN Komisi Eropa, Jose Manuel Barroso, menuding Amerika Serikat sebagai biang keladi krisis finansial yang kini dialami sektor keuangan di sejumlah negara zona euro. Tuduhan itu disampaikannya di sela-sela pelaksanaan KTT G20 di Los Cabos, Meksiko, Selasa (19/6).

"Terus terang, kami hadir di sini bukan untuk menerima pelajaran dalam hal demokrasi atau bagaimana menangani masalah perekonomian," tegas Barosso, menjawab pertanyaan tentang alasan mengapa pemerintahan di kawasan utara Amerika harus membantu Uni Eropa untuk keluar dari krisis.

"Krisis ini tidak bersumber dari Eropa. Ini berasal dari Amerika Utara, dan sebagian besar sektor keuangan kita sudah ikut terkontaminasi oleh, bagaimana saya bisa katakan, praktik tidak lazim, dari pelaku pasar di sektor keuangan."

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris, David Cameron, bersama Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Perancis Francois Hollande dan PM Italia Mario Monti, membahas masalah krisis Eropa dengan Presiden Barack Obama.

Mantan Kepala Bank Dunia, Robert Zoellick, mengatakan masih menunggu upaya yang akan ditempuh Uni Eropa untuk keluar dari problem krisis finansial. "Kami menunggu Eropa untuk memberitahu kita apa yang akan dilakukannya," ujar Zoellick, seperti dikutip metro.co.uk.

BACA JUGA: