TERKADANG fitur Timeline di Facebook yang terlalu deras akan menenggelamkan updates status teman-teman dekat Anda.

Nah itulah salah satu kelemahan dari Timeline jejaring sosial karya Mark Zuckerberg.

Fitur Timeline juga membuat halaman profil Facebook kita lebih menarik dan terlihat berbeda. Sekaligus menjadi kelemahannya karena mengungkap history kegiatan kita selama ber-Facebook ria. Dari ketika menggunakan sebuah aplikasi, meng-update status dan lain-lain. Dan ternyata fitur ini justru banyak dibenci oleh pengguna Facebook. Alasannya adalah dengan adanya fitur ini, orang-orang jadi lebih mudah menelusuri jejak riwayat update status yang kita lakukan.

Fitur lainnya yang banyak membuat orang tidak suka adala bila sekali saja kita mengaktifkan fitur ini maka Facebook kita tidak akan tampil seperti semula. Facebook sendiri melalui juru bicaranya mengatakan bahwa tak ada jalan untuk mengembalikan tampilan ke awal setelah menggunakan fitur Timeline. Selain itu, bagi mereka yang belum memakai fitur ini, akan secara otomatis ter-update.

Tampilan Facebook Timeline memang jadi lebih menarik dibanding sebelumnya. Seperti blog, kita juga bisa memasang foto untuk dijadikan header tampilan Facebook. Untuk foto sendiri bisa kita ambil dari album yang sudah ada atau mengambil foto baru lewat kamera.

Namun demikian, kenikmatan melihat-lihat album-album dan aktivitas kita yang telah lalu di jejaring sosial itu tentu akan menghabiskan bandwidth internet kita karena seluruh foto, album yang kita upload dan aktivitas-aktivitas lain akan ditampilkan di Timeline tersebut.

Langkah penyempurnaan
Guna memperbaiki kelemahan Timeline sekaligus meningkatkan kinerjanya, Facebook kembali meluncurkan desain terbaru untuk Timeline miliknya. Tampilannya sendiri tidak terlalu banyak yang berubah, Facebook hanya menambahkan beberapa rincian tambahan di atas gambar sampul (cover) Timeline.

Selain itu, seperti dikutip Mashable, Facebook juga menambahkan deretan menu di bawah gambar sampul (cover) seperti menu Friends, Photo, Maps dan lain-lain. Facebook juga  menggeser nama pengguna dan informasi personal lain ke bagian foto cover dan memberikan semacam efek bayangan agar dapat dengan mudah dibaca. Dan yang paling menarik adalah tombol Likes diganti namanya menjadi Favorites.

Desain terbaru Timeline tersebut masih berada dalam versi beta dan belum diketahui apakah semua pengguna facebook bisa menikmati perubahan pada tampilan Timeline-nya atau tidak. Pihak Facebook belum menyebutkan di wilayah mana saja desain baru Timeline ini akan hadir.

BACA JUGA: