KESUKSESAN Facebook membuat perusahaan teknologi informasi ngiler untuk menekuni bisnis serupa. Pasalnya, peluang iklan dari ratusan juta pengguna membuat pemilik jejaring dapat menangguk laba berlipat ganda.

Niatan tersebut tampak dari upaya Microsoft Corporation berencana mengakuisisi operator jejaring sosial bisnis Yammer Incorporated.

Laman The Washington Post melansir perkiraan nilai akusisi Microsoft terhadap Yammer Inc lebih dari US$1 miliar.

"Akusisi jejaring sosial bisnis privat itu akan membantu Microsoft menjangkau konsumen korporasi," seperti dikutip The Washington Post.

Kesepakatan dengan Yammer juga diprediksi mampu meningkatkan kompetisi produsen software Windows itu dengan Salesforce.com dan Oracle Corporation.

Situs jejaring sosial bisnis Yammer telah digunakan oleh lebih dari 200 ribu perusahaan yang sebagian besar berbasis di AS, seperti Ford Motor dan EBay.

The Wall Street Journal (WSJ) mengungkap situs jejaring sosial bisnis yang didirikan sejak 2008 itu sepakat diakuisisi oleh Microsoft sebesar US$1,2 miliar.

"Namun, kepastian waktu akuisisi tersebut belum dapat dipastikan," sebut WSJ mengutip narasumber terkait akusisi itu.

Kedua juru bicara perusahaan, baik Microsoft ataupun Yammer, menolak berkomentar terkait akusisi itu.

Media sosial a la Samsung
Sementara dari Korea dilaporkan,  Samsung kini tengah mengembangkan sebuah jejaring sosail baru untuk menyaingi Facebook. Pihak Samsung sendiri menyatakan bahwa mereka sudha memiliki rancangan konsep dan kerangka dari jejaring sosial tersebut.

Korea Times melansir, dalam jejaring sosial besutan Samsung tersebut nantinya pengguna bisa berbagi foto, pesan dan berita singkat seperti di Twitter.

Pengguna akan dapat terhubung ke situs jejaring sosial yang belum ada namanya tersebut melalui perangkat berbasis web, smartphone, tablet, kamera, blue-ray player dan bahkan Smart TV.

Korea Times juga menginformasikan bahwa nama kode internal untuk proyek ini disebut ´Samsung Facebook´. Nama ini kemungkinan besar tidak akan menjadi nama untuk jejaring sosial besutan Samsung. Menurut kabar yang beredar, jejaring sosial dari Samsung tersebut akan hadir tahun depan.

BACA JUGA: